Blog Seputar Blogging, SEO dan Anime

5 Keterampilan yang Harus Anda Tingkatkan Sebagai Blogger

Ketika anda memutuskan untuk menjadi seorang blogger, saya yakin anda pasti mempunyai motivasi tertentu begitu pun juga dengan saya. Terlepas motivasi apa yang mendorong anda, blogger tetaplah hobi yang sangat menyenangkan dan banyak manfaatnya. Menjadi blogger secara tidak langsung dapat memberikan kemampuan - kemampuan dan hal positif yang saya rasa lebih besar manfaatnya dari hobi yang lain.

5 Keterampilan yang Harus Anda Tingkatkan Sebagai Blogger

Jika anda ingin sukses dalam pekerjaan apapun, tentu anda harus memiliki keterampilan. Dan blogging sekarang ini tidak hanya menjadi sekedar hobi, blogging merupakan sebuah pekerjaan juga. Sudah banyak orang yang menjadi Full Time Blogger dan memperoleh pendapatan yang menggiurkan dari blogging. Dan jika anda ingin sukses dalam dunia blogging maka anda harus mempunyai keterampilan pula. dan berikut dibawah ini adalah 5 keterampilan / Skill utama yang harus anda miliki dan tingkatkan sebagai blogger :

1. Keterampilan menulis
Menulis adalah keterampilan utama yang harus anda tingkatkan sebagai blogger karena seperti yang kita ketahui, menulis merupakan bagian utama dari aktivitas blogging. Jika anda ingin meningkatkan keterampilan menulis anda, maka anda harus rajin untuk menulis. Tulislah apapun yang anda suka. Dan jika anda mempunyai banyak waktu sering - seringlah membaca artikel postingan blogger lain yang memiliki artikel yang bagus sehingga anda bisa belajar banyak tentang cara menulis yang baik darinya.

2. Keterampilan membaca
Membaca juga merupakan bagian lain yang harus anda tingkatkan sebagai blogger karena anda tidak akan bisa menjadi blogger yang sukses tanpa membaca artikel dari blog yang lain. Anda bisa mendapatkan banyak manfaat dari membaca artikel dari blog lain seperti  mendapatkan ide - ide posting , belajar bagaimana kiat - kiat dalam menulis dan yang lainnya.

3.Keterampilan mendengarkan
Apakah anda percaya bahwa anda harus mempunyai keterampilan untuk mendengarkan untuk menjadi seorang blogger yang top? Jika jawabannya tidak, anda salah karena anda harus mempunyai keterampilan dalam mendengarkan juga. Dan mengapa anda harus memiliki keterampilan mendengarkan? Jawaban yang sederhana adalah untuk mengidentifikasi apa yang diinginkan pembaca anda. Jika anda ingin sukses, berikan apa yang pembaca anda inginkan, bukan apa yang anda inginkan. Karena kepuasan pembaca anda menjadi prioritas, maka anda harus selalu mendengarkan pembaca anda.

4. Keterampilan mempromosikan
"Konten adalah raja". Saya tahu anda pasti sudah mendengar kata itu ratusan bahkan ribuan kali. Akan tetapi tidak akan ada gunanya blog anda meskipun anda menulis konten yang berkualitas jika anda tidak tahu cara mempromosikan blog anda. Anda dapat melakukan banyak hal untuk mempromosikan blog dan konten anda seperti menjadi penulis tamu, memposting di forum, ataupun dengan memberikan komentar pada blog lain.

5. Keterampilan berkomunikasi
Meskipun anda menulis konten yang berkualitas sedangkan pembaca anda tidak memahami apa yang telah anda tulis, maka anda tidak akan bisa menjadi seorang blogger yang sukses. Jadi anda harus memiliki kemampuan dalam berkomunikasi yang harus anda tuangkan dalam tulisan anda sehingga pembaca anda dapat memahami tulisan anda dengan benar. Ingat, anda menulis di blog berarti anda mengkomunikasikan sesuatu kepada pembaca anda.

Itu saja menurut saya keterampilan yang harus anda tingkatkan untuk menjadi seorang blogger yang sukses. memang masih banyak faktor yang harus ditingkatkan selain semua hal yang saya sebutkan diatas, jika anda mengetahuinya anda bisa menambahkan hal tersebut dikolom komentar. Lalu bagaimana dengan anda? Sudahkah anda mempunyai skill / keterampilan yang saya sebutkan diatas? Dan sudahkah anda meningkatkannya?


5 Keterampilan yang Harus Anda Tingkatkan Sebagai Blogger Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Asbullah Adi Putra

26 comments:

  1. untuk mendengarkan itu kadang yang sulit ya ? banyak para blogger yang mudah tersinggung terus menutup dan menelatarkan blognya , gara-gara kena teguran dan kritik.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebenarnya komentar, saran maupun kritik sangat diperlukan oleh sang empunya blog sekaligus sebagai penulis artikel demi perkembangan blog maupun dalam penulisan artikel kedepannya. Nah, inilah fungsi ditambahkannya kolom komentar. ini dengan harapan agar pembaca dapat memberikan masukan terhadap artikel yang ditulis. Masalah tersinggung atau tidak, itu menjadi kepribadian masing - masing. kalo menurut saya tergantung bagaimana kita menanggapi teguran dan kritik tersebut.

      Delete
  2. *Lapor : om admin saya ingin lapor blog anda khususnya artikel ini sudah menjadi sasaran autoblog, nih blognya http://darynesia.blogspot.com/2013/05/5-keterampilan-yang-harus-anda.html

    saya juga kena target dari blog itu *mari sama-sama lapor google (y)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas..saya sudah cek tadi. Tapi g papalah, tadi saya lihat dia masih memberikan kredit terhadap sumbernya. Sebenarnya sudah banyak yang mengcopas artikel saya, bahkan ada seorang blogger yang mengcopas hampir semua artikel saya, tanpa memberi kredit lagi. tapi ya sudahlah, google tentu lebih tahu mana artikel yang asli. jadi sama saya tak biarin aja. :)

      Delete
    2. saya nambah semakin kagum dan banyak belajar nih dari blogger yg bijak seperti mas Babol... :)


      Delete
    3. hahaha..saya jadi tersanjung mas. :)

      Delete
  3. wah harus banyak belajar nih biar bisa menguasai 5 keterampilan blogger ini :)

    ReplyDelete
  4. terampil desain template mas.. saya menambahkan boleh kan ?? hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah..itu juga perlu mas. apalagi bisa bikin template sendiri. mantaap..!!

      Delete
  5. kalo kelima tips diatas diterapkan sepertinya bisa jadi blogger profesional ya sob, trims sob buat tipsnya, kalo saya harus banyak belajar lagi

    ReplyDelete
  6. makasih infonya mas, sangat bermanfaat sekali buat blogger nubipollll seperti saya..hehe

    ReplyDelete
  7. info yang sangat bermanfaat dan sangat membantu sobat trmksih banyak mas

    ReplyDelete
  8. saya slalu suka kata demi kata dan bagaimana caranya pak admin ini menguraikannya dalam bentuk postingan.
    salam sukses berkarya

    ReplyDelete
  9. wah harus banyak belajar mengasah keterampilan lagi nie, beberapa skill saya masih kurang mas, terima kasih tipsnya mas

    ReplyDelete
  10. hehe aku orangnya paling gak bisa promosi mas .. :)

    ReplyDelete
  11. Yah.. kalo niat menjadi blogger, saya rasa utamanya adalah kreatif dalam menulis, sayang sy sampai sekarang belum kreatif dalam tulis menulis, masih asal HAJARRRR.....

    ReplyDelete
  12. kalo hal dalam menulis...emang di perluin waktu dan prosez belajar ya mas...

    terkadang suka senyam senyum sendiri ....kalo kita baca2 tulisan yg udah pernah kita buat ..hehe

    ReplyDelete
  13. setuju banget ane gan...
    :)
    semoga kita menjadi blogger sukses..

    ReplyDelete
  14. wah bagus banget nih asumsinya ms,,,,makasih sudah berbagi saran salam sukses selalu

    ReplyDelete
  15. setuju dengan semua poin2 nya :D

    ReplyDelete
  16. point pertama itu mas yang kadang agak kesusahan, keterampilan menulis untuk saya pribadi masih perlu belajar banyak. terimakasih atas sajian artikelnya mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener mas..menulis artikel sangat susah apalagi ketika kita kehabisan ide untuk dituangkan kedalam tulisan.

      Delete
  17. keempatnya saling melengkapi dan menunjang dalam membangun sebuah blog ya sob, sayang ini kurang diperhatikan

    ReplyDelete
  18. gitu toh skill yg harus trus d asah...gue cuma 3 dr 5 bagian bang heheh...thx tips.y


    komen back yee http://2menitsaja.blogspot.com/2013/05/bahaya-sendal-jepit.html

    ReplyDelete
  19. JIKA ANDA BUTUH ANGKA JITU 2D-3D-4D SGP/HK DI JAMIN 100% TEMBUS SILAKKAN HUBUGI KI_SULTANG DI NMR(082=353=285=559=)terima kasih sobat......!!!!!







    JIKA ANDA BUTUH ANGKA JITU 2D-3D-4D SGP/HK DI JAMIN 100% TEMBUS SILAKKAN HUBUGI KI_SULTANG DI NMR(082=353=285=559=)terima kasih sobat......!!!!!







    JIKA ANDA BUTUH ANGKA JITU 2D-3D-4D SGP/HK DI JAMIN 100% TEMBUS SILAKKAN HUBUGI KI_SULTANG DI NMR(082=353=285=559=)terima kasih sobat......!!!!!







    JIKA ANDA BUTUH ANGKA JITU 2D-3D-4D SGP/HK DI JAMIN 100% TEMBUS SILAKKAN HUBUGI KI_SULTANG DI NMR(082=353=285=559=)terima kasih sobat......!!!!!







    JIKA ANDA BUTUH ANGKA JITU 2D-3D-4D SGP/HK DI JAMIN 100% TEMBUS SILAKKAN HUBUGI KI_SULTANG DI NMR(082=353=285=559=)terima kasih sobat......!!!!!

    ReplyDelete

Silahkan tinggalkan komentar anda disini. Komentar anda sangat berharga untuk perkembangan blog ini kedepannya.
1. Berkomentarlah sesuai postingan.
2. No Live Link (akan langsung terhapus)
3. No Spam, No SARA
4. Anda Sopan, Saya pun Segan.

Terima Kasih